Tanggung jawab Sosial Suatu Bisnis
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan
disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi,
khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,
karyawan,
pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
Benturan dengan
Kepentingan Masyarakat
Klasifikasi aspek
pendorong tanggung jawab social
Dalam menunaikan tanggung jawab sosial, perusahaan dituntut untuk
mengindahkan etika bisnis. Hal – hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
1. Dorongan dari
pihak luar, dari lingkungan masyarakat.
2. Dorongan dari dalam
bisnis itu sendiri, sisi humanisme pebisnis yang melibatkan rasa, karsa dan
karya.
Dorongan Tanggung Jawab
Sosial
Klasifikasi masalah sosial yang
mendorong pelaksanaan tanggung jawab sosial pada sebuah bisnis adalah penerapan
manajemen orientasi kemanusian. Kegiatan intern yang muncul bersifat sangat
kaku, keras, saklek, birokratik, dan otoriter. Prosedur administrasi serta
jenjang kewenangan yang berbelit-berbelit sering menyebabkan tekanan batin bagi
para pebisnis maupun pihak lain yang berhubungan kurang manusiawi pun kerap
terjadi antara perusahaan dengan pihak luar (pelanggan, masyarakat umum).
Manfaat penerapan manajemen
orientasi kemanusiaan adalah akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan
seimbang antara pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, seperti:
- Peningkatan moral kerja karyawan yang berdampak pada membaiknya semangat dan produktivitas kerja
- Adanya partisipasi bawahan dan timbulnya rasa ikut memiliki sehingga tercipta kondisi manajemen partisipasif.
- Penurunan tingkat ketidakhadiran karyawan karena kenyaman kerja sebagai hasil hubungan kerja yang menyenangkan dan baik.
- Peningkatan mutu produksi yang diadakan oleh terbentuknya rasa percaya diri karyawan.
- Kepercayaan konsumen yang meningkatkan dan merupakan dasar bagi perkembangan selanjutnya dari perusahaan.
Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan etika
terapan. Etika bisnis merupakan aplikasi pemahaman kita tentang apa yang baik
dan benar untuk beragam institusi, teknologi, transaksi, aktivitas dan usaha
yang kita sebut bisnis. Pembahasan tentang etika bisnis harus dimulai dengan
menyediakan rerangka prinsip-prinsip dasar pemahaman tentang apa yang dimaksud
dengan istilah baik dan benar, hanya dengan cara itu selanjutnya seseorang
dapat membahas implikasi-implikasi terhadap dunia bisnis.Etika dan Bisnis,
mendeskripsikan etika bisnis secar umum dan menjelaskan orientasi umum terhadap
bisnis, dan mendeskripsikan beberapa pendekatan khusus terhadap etika bisnis,
yang secara bersama-sama menyediakan dasar untuk menganalisis masalah-masalah
etis dalam bisnis.
Bentuk-Bentuk tanggung
Jawab Sosial Suatu Bisnis
1.
Pelaksanaan
hubungan industrial pancasila (HIP)
Sistem hubungan yang terbentuk antara para pelaku
dalam proses produksi barang dan jasa yang terdiri dari unsur
pengusaha,pekerja/buruh, dan pemerintah yang didasarkan pada nilai nilai
Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945
2.
Dampak lingkungan
(AMDAL)
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) adalah
kajian mengenai dampak besar dan penting suatu kegiatan yang direncanakan pada
lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan
tentang penyelenggaraan kegiatan di Indonesia. AMDAL ini dibuat saat
perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap
lingkungan hidup di sekitarnya
3.
Prinsip kesehatan
dan keselamatan kerja (K3)
Penekanan pada faktor keselamatan pekerja dengan
mempergunakan alat-alat yang berfungsi menjaga keselamatan, seperti masker pelindung,
topi pengaman, dsb.
4.
Perkebunan inti
rakyat (PIR)
Perkebunan Inti Rakyat adalah sistem perkebunan yang
melibatkan perkebunan besar milik Negara dan kecil milik masyarakat. Perkebunan
besar berfungsi sebagai inti penggerak perkebunan di mana semua bahan bakunya
diambil dari perkebunan kecil di sekitarnya.
Terimakasih Saya
ucapkan untuk Bapak atau Ibu pengarang buku ataupun pemilik blog atau web yang
telah Saya kutip kata-katanya untuk membuat Portofolio ini.
Sumber :
Nama ; Agustin Tri Astuti
Kelas ; 1EB27
NPM ; 28211463
Tidak ada komentar:
Posting Komentar