Perusahaan kadangkala mesti
memutuskan apakah akan menerima pesanan khsus tadi (specia order), biasanya
pada harga yang lebih murah dari pada harga jual normal. Apabila perusahaan
ingin tetap untung, kebijakan penentuan harga jangka panjangnya seyogyanya
bertumpukan pada semua biaya yang dikeluarkan. Walaupun demikian, manakala
terdapat kapasitas menganggur, pesanan khusus mungkin menggoda walaupun
harganya lebih rendah daripada harga jual normal.
Hal pokok yang perlu dilakukan
oleh manajer adalah tidak langsung menolak pesanan khusus tersebut hanya karena
harga beli yang ditawarkan oleh pihak pembeli lebih rendah daripada harga jual
normal yang diberlakukan oleh perusahaan. Manajer perlu mengevaluasi tawaran
pesanan khusus secara lebih mendalah. Analisis diferensial dapat diterapkan
untuk mengevaluasi pendapatan dan biaya diferensial yang berkaitan pesanan
khusus. Pendapatan diferensial yang dihasilkan oleh pendapatan khusus itu
dibandingkan dengan biaya diferensial untuk memproduksi dan mengirimkan pesanan
khusus tadi kepada pelanggan.
Seandainya perusahaan
beroperasi pada kapasitas terpasang penuh, setiap tambahan produksi akan meningkatkan
biaya produksi tetap dan variablenya. Walaupun demikian, manakala kapasitas
produksi normal perusahaan masih berada dibawah kapasitas penuhnya, tambahan
produksi tidak akan menyebabkan kenaikan biaya produksi tetap. Dalam situasi
seperti ini, biaya diferensial tambahan produksi (yakni, pesanan khusus tadi)
hanayalah biaya variable saja.
Keputusan penentuan harga
berdasarkan analisis diferensial adalah sahih untuk pesanan pesanan sekali
waktu, dan biasanya bukan untuk pesanan regular.
Terdapat beberapa kondisi yang
diperlukan agar pesanan khusus dapat dipertimbangkan dengan serius :
·
Terdapat
kelebihan kapasitas produksi
·
Pesanan
sebaiknya berasal dan pelanggan yang berdiam di dalam pasar yang berbeda dari
pasar yang biasanya dilayani oleh perusahaan.
Perlu terdapat kelebihan
kapasitas produktif; seandainya tidak, perusahaan harus mengurangi produksi ke
pelanggan normal untuk memenuhi pesanan khusus tadi. Selain itu, pesanan khusus
tadi hanya dipenuhi jika berasal dari pasar yang tidak berkaitan. andai kata
pasar normal mengetahui bahwa perusahaan memberikan harga khusus tadi kepada
pesaingnya, maka mereka akan menuntun harga yang sama baginya. Hal ini dapat
mengakibatkan pengurangan harga kepada semua pelanggan atau kaburnya pelanggan
normal. Hal seperti ini tentu saja akan membahayakan struktur penentuan harga
dan laba bersih jangka panjang perusahaan.
Menerima atau Menolak Pesanan Khusus
Adapun kriteria pesanan khusus sebagai berikut :
- Biasanya konsumen yang melakukan pesanan khusus ini meminta harga dibawah harga jual normal bahkan sering kali harga yang diminta konsumen berada dibawah biaya penuh, karena biasanya pesanan khusus mencakup jumlah yang besar dan harga jualnya diatas biaya variabel.
- Ada kapasitas produksi atau mesin yang belum seluruhnya terpakai atau menganggur dan masih mampu untuk melayani pesanan khusus.
- Pertambahan biaya tidak melebihi pertambahan penghasilan dari pesanan khusus tersebut.
- Tidak ingin kehilangan pelanggan yang ada.
- Tidak ingin kehilangan pelanggan yang prospektif. (Amin Widjaja Tunggal,1994,hal 183).
Dalam pengambilan keputusan menerima atau
menolak pesanan khusus jika harga jual perunit suatu pesanan khusus lebih besar
daripada biaya variabel perunit pesanan khusus maka suatu pesanan tersebut
sebaiknya diterima oleh perusahaan. Begitu juga sebaliknya apabila harga jual
perunit lebih kecil daripada biaya variabel perunit sebaiknya pesanan khusus
tersebut ditolak oleh perusahaan.
Jika :
|
Maka :
|
~ Harga jual per-unit pesanan khusus > Biaya
variabel per-unit pesanan khusus.
|
Pesanan khusus diterima
|
~ Harga jual per-unit pesanan khusus < Biaya
variabel per-unit pesanan khusus.
|
Pesanan khusus ditolak
|
Biaya yang relevan dengan pengambilan
keputusan disebut dengan istilah yang lebih tepat biaya diferensial. Karena pengambilan keputusan selalu menyangkut
pemilihan alternatif masa yang akan datang, dan untuk dapat melakukan pemilihan
pengambil keputusan harus dapat membedakan dianatara alternatif tersebut secara
unik disebut dengan istilah informasi akuntansi diferensial.
Biaya
diferensial :
- Biaya variabel yang relevan meningkat berdasarkan kuantitas dalam pesanan khusus.
- Biaya-biaya tetap tidak terpengaruh, yaitu tidak relevan apabila pesanan khusus berada dalam kapasitas normal.
- Biaya-biaya tetap meningkat, yaitu relevan apabila melebihi kapasitas normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar