Kamis, 30 Mei 2013

Informasi Differensial



Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan. Dalam perencanaan, mereka dihadapkan pada pengambilan keputusan yang menyangkut pemilihan berbagai macam alternatif. Untuk memutuskan alternatif yang harus dipilih, mereka menghadapi ketidakpastian. Oleh karena itu, manajemen memerlukan informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian yang mereka hadapi, sehingga memungkinkan mereka menentukan pilihan dengan baik. Salah satu informasi penting yang biasanya diperlukan sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan adalah informasi akuntansi diferensial.
            Akuntan seringkali mengira bahwa dengan sendirinya manajemen memerlukan informasi akuntansi di dalam pengambilan keputusan. Anggapan ini tidak benar, karena pengambil keputusan adalah manusia yang memiliki perilaku tertentu di dalam pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan, manajemen menggunakan berbagai masukan didalam model pengambilan keputusan mereka, yang bersifat keuangan, nonkeuangan dan bahkan yang bersifat nonkuantitatif. 

Informasi Akuntansi Differensial
Informasi Akuntansi Differensial adalah taksiran perbedaan aktiva, pendapatan dan biaya dalam altenatif tindakan tertentu dibandingkan dengan alternatif tindakan yang lain. (Mulyadi,1993,hal 114).
Informasi Akuntansi Diferensial mempunyai dua unsur pokok:
1.      Informasi masa yang akan datang dan berbeda diantara alternatif tindakan yang dihadapi oleh pengambil keputusan.
Informasi ini bermanfaat oleh manajemen dalam pengambilan keputusan mengenai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif-alternatif yang tersedia
2.       Informasi akuntansi yang bermanfaat adalah informasi akuntansi yang berbeda diantara tiap-tiap alternatif yang akan dipilih.

A. Biaya Diferensial (differential cost)
Biaya diferensial adalah biaya masa yang akan datang yang diperkirakan akan berbeda (differ) atau terpengaruh oleh suatu pengambilan keputusan pemilihan diantara berbagai macam alternatif.

B. Pendapatan Diferensial (differential revenue)
Pendapatan diferensial adalah informasi akuntansi diferensial yang hanya berkaitan dengan pendapatan.”

C. Aktiva Diferensial (differential asset)
            Aktiva diferensial adalah informasi akuntansi diferensial yang hanya berkaitan dengan aktiva.

D. Manfaat Informasi Akuntansi Diferensial
Adapun manfaat informasi akuntansi diferensial dalam pengambilan keputusan jangka pendek, yaitu:
1.  Membeli atau membuat sendiri (make or buy decision)
2.  Menjual atau memproses lebih lanjut suatu produk (sell or process further)
3.  Menghentikan atau melanjutkan produksi produk tertentu atau kegiatan usaha suatu bagian perusahaan (stop or continue product line)
4.  Menerima atau menolak pesanan khusus (special order decision).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar