Pemasaran
1.
Pengertian
Pasar dan Pemasaran
Pasar
Pasar
adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di
pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah
kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah
ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan
harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Pemasaran
Pemasaran (Marketing) adalah
proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran merupakan salah satu dari
kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha mempertahankan kelangsungan
hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba.
Pemasaran
dikembangkan dari kata pasar yang berarti sarana atau tempat berkumpulnya orang
yang terlibat dalam pemasaran, dalam pengertian abstrak pemasaran diartikan
sebagai suatu kegiatan, proses atau system keseluruhan.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang
dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan
barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta
tujuan perusahaan.
2.
Jenis-jenis
Pasar
Jenis pasar menurut bentuk
kegiatannya:
·
Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman
barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh
pasar tradisional dan pasar swalayan.
·
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana
para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli
secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online,
pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara
transaksinya.:
·
Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar
yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan
tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah
barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·
Pasar Modern
Pasar modern
adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan
harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah
di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis
barangnya.:
Beberapa pasar hanya menjual satu
jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan
dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut
keleluasaan distribusi:
·
Pasar Lokal
·
Pasar Daerah
·
Pasar Nasional dan
·
Pasar Internasional
3.
Konsep-konsep
Inti Pemasaran
Konsep-konsep inti
pemasaran meluputi:
·
Kebutuhan
·
keinginan
·
permintaan
·
produksi
·
utilitas
·
nilai dan kepuasan
·
pertukaran
·
transaksi
·
hubungan pasar, pemasaran dan
pasar.
Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
4.
Bauran
Pemasaran
Bauran pemasaran terbagi atas
tujuh komponen yang lebih sering dikenal dengan sebutan 7P, yaitu :
·
People (Orang)
·
Physical
Evidence (Bukti Fisik)
·
Process
(Proses)
5. Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler
dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun,
dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk
mencapai tujuan perusahaan. Sedangakan manajemen adalah proses perencanaan
(Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan
pengawasan.
Jadi
dapat diartikan bahwa Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan,
penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan,
membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar
sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Kesimpulan :
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa
manajemen pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan
diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan
dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang
tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran
dapat tercapai.
6.
Tujuan Sistem Pemasaran
1. Memperkenalkan
Produk kepada Umum
2. Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
3. Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
4. Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
5. Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
6. Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk
yang dibuat dan dipasarkan)
7. sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode
selanjutnya.
7.
Pendekatan
dalam Mempelajari Pemasaran
a. Pendekatan komoditif
b. Pendekatan lembaga
c. Pendekatan fungsional
d. Pendekatan perilaku
: pemasaran dipandang sebagai kegiatan yang melibatkan manusia, aksi, reaksi,
dan interaksi antar mereka
e. Pendekatan sosial
: manfaat dan biaya sosial yang dihasilkan
f. Pendekatan
struktural : segi lembaga yang terlibat dalam kegiatan distribusi
g. Pendekatan
lingkungan
h. Pendekatan ekonomi
: biaya dan manfaat dalam kegiatan / sistem pertukaran
i. Pendekatan
manajerial : perlunya pengelolaan sistem pemasaran >> efektif dan
efisien
Terimakasih saya ucapkan untuk Bapak atau Ibu pengarang buku dan pemilik
blog atau web yang telah saya kutip kata-katanya untuk membuat portofolio ini.
Sumber :
http://pemasaran-gaya-bebas.blogspot.com/2010/10/materi-manajemen-pemasaran-i1-dan-i2.html
Nama ; Agustin Tri Astuti
Kelas ; 1EB27
NPM ; 28211463
Nama ; Agustin Tri Astuti
Kelas ; 1EB27
NPM ; 28211463
Tidak ada komentar:
Posting Komentar