Sabtu, 14 April 2012

Tugas 4


Pembiyaan Sektor Mikro dan Pembiyaan Corporate


Pendapat Mengenai Pembiyaan Mikro dan Pembiyaan Corporate

Pembiyaan Mikro merupakan pembiyaan atau pemberian dana yang diberikan atau dipinjamkan untuk para pengusaha yang menjalankan usaha mikro(kecil), usaha mikro sendiri dijalankan oleh masyarakat menengah kebawah. Guna membantu para pengusaha mikro mengembangkan usaha yang dijalankan, pembiyaan mikro sangatlah penting adanya.

Pembiyaan Corporate merupakan pembiyaan yang dilaksanakan oleh perusahaan dan bertujuan untuk mencari keuntungan maksimum. Forum for Corporate Governance in Indonesia (FCGI, 2000) menyatakan bahwa CG adalah seperangkat peraturan yang menetapkan hubungan antara pemegang saham, pengurus, pihak kreditur, pemerintah, karyawan serta para pemegang kepentingan internal dan eksternal lainnya sehubungan dengan hak-hak dan kewajiban mereka, atau dengan kata lain sistem yang mengarahkan dan mengendalikan perusahaan.

Pembiyaan yang Lebih Menguntungkan
Menurut saya diantara Pembiyaan Mikro dan Pembiyaan Corporate yang lebih menguntungkan ialah Pembiyaan Mikro. Khususnya di Negara kita sendiri Indonesia, Pembiyaan Mikro sangatlah penting untuk membantu masyarakat menengah kebawah untuk mengembangkan usaha mereka, karena di Indonesia sendiri jenis usaha mikro lebih banyak keberadaannya dibandingkan jenis usaha corporate. Dengan adanya Pembiyaan Mikro juga dapat membantu dalam memajukan pembangunan perekonomian di Indonesia, membuat masyarakat lebih mudah untuk berwirausaha membuat suatu usaha yang diinginkan.

Tantangan dari Pembiyaan Mikro dan Pembiyaan Corporate

Tantangan atau hambatan dalam menjalankan Pembiyaan Mikro adalah ketika dihadapkan kepada peminjam yang tidak dapat membayar pinjamannya tepat waktu. Hal itu pun di latar belakangi banyak faktor, diantaranya usaha yang dijalankan tidak berkembang baik, ada anggota yang mengalami musibah seperti kecelakaan dan kematian, dan kadangpun harus dihadapkan dengan peminjam yang tidak jujur.

Tantangan atau hambatan dalam menjalankan Pembiyaan Corporate adalah ketika perusahaan harus memenuhi hutang atau kewajiban beserta jumlah bunga yang telah ditentukan dan dalam menjalankan Pembiyaan Coprporate pembiyaannya membutuhkan biaya yang cukup besar

Terima kasih Saya ucapkan kepada Pemilik Blog atau web yang telah saya kutip kata-katanya dalam pengerjaan tulisan ini.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar