Jumat, 28 Juni 2013

Tenses Part 3



Past Perfect Continuous Tense

S + had + been + Verb-ing + O

Past Perfect Continuous Tense digunakan untuk :
1. Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi terus-menerus pada waktu lampau.
Contoh :
We had been working in Bogor
Kami telah (sedang) bekerja di Bogor

2.  Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian dan perbuatan yang berlangsung selama bebarapa waktu di masa lampau.
Contoh :
She had been living here for four years
Dia telah (sedang) tinggal disini selama empat tahun

3. Menyatakan suatu perbuatan yang dikerjakan pada waktu lampau dan sedang berlangsung pada masa lampau.
Contoh :
I had been going to the market
Saya telah (sedang) pergi ke pasar

4.      Menyatakan suatu peristiwa yang terjadi pada waktu lampau.
Contoh :
She had been cooking the rice when her mother went to the market
Dia telah (sedang) memasak nasi ketika ibunya pergi ke pasar

Simple Future Tense

S + will/shall + Verb 1 + Object + Keterangan Waktu

Simple Fututre Tense digunakan untuk :
1. Menyatakan suatu peristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang.
Contoh :
I shall go to Bandung tomorrow morning
Saya akan pergi ke Bandung besok pagi
2.      Menyatakan suatu janji pada waktu yang akan datang.
Contoh :
We shall meet you by seven
Kami akan menemui kamu menjelang pukul tujuh

3.      Menyatakan suatu permintaan kepada orang lain.
Contoh :
Will you help me to get the book?
Maukan kamu membantu saya untuk mengambilkan buku itu?

4.      Menyatakan suatu tawaran kepada orang lain.
Contoh :
Will you sit down here with me?
Maukan kamu duduk disini dengan saya?

5. Menyatakan mempersilahkan terhadap orang lain untuk melakukan sesuatu.
Contoh :
Will you come in, please!
Silahkan masuk!

6.      Menyatakan suatu ajakan kepada orang lain.
Contoh :
Will you go with me to the cinema?
Maukah kamu pergi dengan saya ke bioskop?

7.      Menyatakan suatu keharusan.
Contoh :
I shall study hard for the exam
Saya harus belajar giat untuk ujian

8.      Menyatakan syarat atau kalimat pengandaian.
Contoh :
I shall go a broad if I have a lot of money
Saya akan pergi ke luar negeri jika saya mempunyai banyak uang
           
Tanda waktu yang sering digunakan :
            Tonight : malam ini    soon : segera     
            Tomorrow : besok       later : nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar