Minggu, 09 Juni 2013

Tenses Part 2



Present Perfect Continuous Tense
S + Have/Has + Been + Verb-ing + O + Keterangan waktu
Contoh:
You have been staying here
Kamu telah (sedang) tinggal disini

Present Perfect Countinuous Tense digunakan untuk:
1.      Menyatakan suatu perbuatan yang telah dilakukan pada waktu lampau dan perbuatan tersebut masih berlangsung sampai saat ini dan memungkinkan akan terus berlangsung sampai masa yang akan datang.
Contoh:
You have been living in Bogor for 4 years
Kamu telah (sedang) tinggal di Bogor selama empat tahun

2.      Menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang telah dilakukan berulang-ulang hingga saat ini.
Contoh:
I have been studying English since 1995
Saya telah (sedang) belajar bahasa inggris sejak 1995

Simple Past Tense
S + Verb 2 + O + Keterangan waktu

Simple Past Tense dapat digunakan untuk:
1.    Menyatakan suatu peristiwa / perbuatan yang sudah dilakukan dan telah selesai di waktu sama yang lalu
Contoh:
We went to the cinema yesterday
Kami pergi ke bioskop kemarin

2.      Menyatakan perbuatan yang terjadi mungkin berulang di masa lalu.
Contoh:
I often sent him letter last year
Saya sering mengirim surat kepadanya tahun lalu

Keterangan waktu yang digunakan pada Simple Past Tense:
Yesterday        : Kemarin
Last night        : Tadi malam
Last                 : Yang lalu
Last week        : Minggu lalu
Just now          : Baru saja
Two days ago  : Dua hari yang lalu

Past Continuous Tense
You / They / We   + Were + Verb-ing
I / He / She / It      + Was  + Verb-ing

Past Continuous Tense digunakan untuk:
1.     Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang terjadi pada waktu lampau.
Contoh:
I was reading a newspaper yesterday
Saya sedang membaca sebuah surat kabar kemarin

2.     Menyatakan suatu peristiwa, kejadian, dan perbuatan yang belum selesai ketika perbuatan lain sudah dilaksanakan atau terjadi.
Contoh:
I was working when you came here
Saya sedang bekerja ketika kamu datang kesini

3.   Menyatakan dua peristiwa, kejadian, dan perbuatan yang terjadi pada waktu yang sama pada waktu lampau.
Contoh:
He was studying while I was caming to his house
Dia sedang belajar ketika saya datang kerumahnya

4.      Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi secara bertahap.
Contoh:
Widya was growing up
Widya beranjak dewasa

Past Perfect Tense
S + had + Verb3 + Object + Keterangan

Past Perfect Tense digunakan untuk:
1.      Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang sudah dilakukan di masa lampau.
Contoh:
I had gone to Bangkok with my friend
Saya telah pergi ke Bangkok dengan teman saya

2.      Menyatakan suatu peristiwa atau kejadian yang telah terjadi sebelum saat tertentu di masa lampau.
Contoh:
I had done my home work before nine pm
Saya telah mengerjakan pekerjaan rumah saya sebelum pukul sembilan malam

3.  Menyatakan suatu peristiwa, kejadian, dan perbuatan yang sudah selesai sebelum perbuatan lain terjadi.
Contoh:
She had fallen before I help her
Dia telah jatuh sebelum saya menolongnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar