Rabu, 05 Juni 2013

Khasiat Bawang Merah dan Bawang Putih



Bawang Merah (Allium Cepa)

Kandungan Kimia       :
Bawang Merah mengandung allinase, yaitu zat yang menimbulkan rasa perih di mata. Selain itu, bawang merah juga mengandung flavonoid, asam fenol, sterols, saponins, pectin, serta kaya vitamin B1, B2, dan C.

Khasiat dan Manfaat  :
Bawang Merah berkhasiat menurunkan aktivitas gula darah, menurunkan kolesterol, menyembuhkan asma, melawan sel tumor, dan menyembuhkan leukemia

Cara Penggunaan        :
20 gram bawang merah dicuci bersih, lalu diblender. Jus ini diminum bersama 1 sendok teh makan madu, 2 kali sehari pada pagi dan malam hari.

Bawang Putih (Allium Sativum)

Kandungan Kimia       :
Bawang Putih mengandung iodium dan volatile (senyawa yang mudah menguap) yang terkomposisi dalam senyawa yang mengandung sulfur seperti allicin, diallyl disulfide, serta diallil trisulfida, bawang putih juga mengandung selenium, germanium, glucosinolate, dan enzim.

Khasiat dan Manfaat  :
Bawang Putih berkhasiat menurunkan gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menambah sistem kekebalan tubuh, antiserangan kanker, obat gangguan pencernaan. Selain itu, bawang putih juga mencegah atherosclerosis dan penyakit jantung. Beberapa studi menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan tingkat serum kolesterol dan meningkatkan serum HDL kolesterol (jenis kolesterol yang baik). Jika dikonsumsi bersama seledri, dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah, obat cacing, dan gondok. Selain itu, minyak bawang putih yang disuntikan melalui dubur dapat digunakan sebagai pencuci perut.

Cara Penggunaan        :
20 gram bawang putih dicuci bersih, lalu diblender. Jus ini diminum bersama 1 sendok teh makan madu, 2 kali pada pagi dan malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar