Kamis, 19 Januari 2012

Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil


Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil

1.     Pengertian Kewiraswastaan, Wiraswasta, dan Wiraswastawan

Kewiraswastaan
Kewiraswastaan merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidupnya.
Kewiraswastaan adalah kemampuan dan kemauan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan waktu,uang dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.
Kewiraswastaan juga dapat diartikan sekelompok orang yang bekerja dalam satu bidang usaha swasta dan memiliki tujuan yang sama.
                Wiraswasta
Wiraswasta adalah sebuah pekerjaan atau profesi yang ditekuni seseorang untuk mendapat keuntungan dan demi memenuhi kebutuhan.
Wiraswasta: orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.
                Wiraswastawan
Wiraswastawan adalah orang yang telah sukses di bidang wiraswastaan dan telah mengembangkan usahanya sehingga telah mendapatkan pendapatan yang besar.
  

2.     Perusahaan Kecil

Perusahaan kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau kejadian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil.

3.     Perkembangan Perusahaan Kecil di Indonesia

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh karena selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Perusahaan Kecil atau UKM memiliki peran penting dalam pengembangan usaha di Indonesia. UKM juga merupakan cikal bakal dari tumbuhnya usaha besar. “Hampir semua usaha besar berawal dari UKM”.
Kondisi UKM di Indonesia Saat Ini
Sektor ekonomi UKM yang memiliki proporsi unit usaha terbesar berdasarkan statistik UKM tahun 2004-2005 adalah :
1.       Sektor Pertanian, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan
2.       Sektor  Perdagangan, Hotel dan Restoran
3.       Sektor Industri Pengolahan
4.       Pengangkutan dan Komunikasi
5.       Jasa 


4.     Ciri-ciri Perusahaan Kecil

1.        manajemen berdiri sendiri
2.        investasi modal terbatas
3.        daerah operasinya loal
4.        ukuran secara keseluruhan relative kecil

5.     Perbedaan Kewirausahaan dengan Perusahaan Kecil

Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya.
Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.
Perusahaan kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan orang perorangan atau badan usaha yang dimiliki dan di kuasai baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah maupun usaha besa




Terimakasih Saya ucapkan untuk Bapak atau Ibu pengarang buku ataupun pemilik blog atau web yang telah Saya kutip kata-katanya untuk membuat Portofolio ini.

Sumber         :
http://viewcomputer.wordpress.com/kewirausahaan/


Nama ; Agustin Tri Astuti
Kelas ; 1EB27
NPM ; 28211463

Tidak ada komentar:

Posting Komentar