Rabu, 29 Mei 2013

Pengaruh Globalisasi terhadap Perekonomian Indonesia




   Dalam tulisan kali ini, saya akan coba menguraikan apa sajakah pengaruh globalisasi terhadap perekonomian di Indonesia. Pengaruh-pengaruh tersebut akan kita bahas dengan tujuan untuk mengetahui bagaimanakan dampak atau efek dari globalisasi untuk perekonomian di Indonesia. Bagaimanakah pengaruh keadaan yang semakin modern atau canggih dapat mempengaruhi keadaan perekonomian di suatu Negara. Dan sebelum membahas apa sajakah pengaruhnya, mari kita ketahui terlebih dahulu makna atau arti dari kata Globalisasi itu sendiri.
    Menurut sumber Wikipedia Bahasa Indonesia, Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya.
    Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Dampak positif globalisasi antara lain  yang pertama kita akan menjadi lebih mudah untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan, mudah melakukan komunikasi dengan siapapun tanpa ada batasan jarak dan waktu, Menumbuhkan sikap kosmopolitan dan toleran, Memacu untuk meningkatkan kualitas diri dan akan menjadi lebih mudah juga dalam memenuhi kebutuhan yang ingin kita penuhi dalam kehidupan.
     Selain dampak positif yang dihadirkan oleh globalisasi, tentunya aka ada dampak negative dari globalisasi itu sendiri. Dalam mencari informasi yang tersedia sangat luas, tidak adanya penyaringan dari informasi itu sendiri merupakan dampak yang tidak baik karena bisa saja anak-anak dibawah umur dapat mengetahui informasi atau hal yang harusnya diketahui ketika ia sudah dewasa. Mudah terpengaruh dengan kebiasaan atau kebudayaan Negara lain. Dan juga perilku konsumtif karena dengan berdiam diri dirumah, seseorang dapat tetap melaksanakan kegiatan belanja yang tidak terkontrol.
     Globalisasi sangat berperan didalam perkembangan perekonomian di Indonesia saat ini, kemajuan akan teknologi dan informatika sangat mempengaruhi berjalannya kegiatan perekonomian di Negara kita. Dengan adanya globalisasi, proses jual beli pun saat ini dapat kita lakukan dimana saja, tanpa mengenal batasan jarak dan waktu lagi, baik perdagangan antar daerah maupun antar Negara dapat dilakukan dengan waktu yang relative singkat. Informasi di dunia cyber memberikan banyak pilihan dari produk yang kita inginkan yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan daya beli kita terhadap barang tersebut.. Contohnya, yaitu kita dapat memperbandingkan harga sebuah sepatu dengan merek tertentu, baik dari segi kualitas maupun harga yang kita inginkan. Dengan banyaknya informasi tentang sepatu tersebut, tentunya kita akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan sepatu yang kita inginkan dan dengan harga yang sesuai juga dengan yang kita miliki.
    Globalisasi telah membawa masyarakat kota maupun masyarakat pedesaan menjadi masyarakat yang konsumerisme. Hal yang perlu dipertimbangkan dari dampak buruk globalisasi, yaitu jika pencitraan produk luar negeri selalu lebih baik dari produk dalam negeri akan berakibat fatal dengan produksi dalam negeri kita sendiri. Kefatalan tersebut akan menjadi boomerang bagi produk-produk dalam negeri yang tentu saja akan kalah bersaing , baik dari segi kualitas maupun kuantitas produk yang dihasilkan. Bagaimana tidak, kita selalu tertinggal dari teknologi yang digunakan dibanding dari negara industri luar yang lebih maju. Belum lagi sumber daya manusia yang rata-rata berkuaitas lebih rendah dari Negara-negara industri (Negara maju). Padahal belum tentu keadaan yang sebenarnya menunjukan bahwa produk asing selalu lebih baik dari produk dalam negeri, faktanya banyak juga produk asli Indonesia yang berkualitas tinggi dan banyak yang diekspor ke luar negeri dengan harga yang relative tinggi.
     Globalisasi memberikan dampak yang positif terhadap perekonomian Indonesia, yaitu yang pertama adalah semakin terbukanya kesempatan bagi hasil produkasi dalam negeri untuk masuk ke pasar Internasional, globalisasi juga mendorong kita untuk dapat memproduksi barang yang berkualitas tinggi karena tidak mau kalah saing dengan hasil produksi luar negeri, mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi produksi dan menghilangkan biaya yang tinggi untuk pemasaran, dengan adanya globalisasi juga dapat membuat masyarakat akan menjadi masyarakat mandiri yang mau untuk berwirausaha dengan melihat kemudahan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk yang dibuat, dan yang terakhir adanya globalisasi dimungkinkan juga dapat meningkatkan kesempatan kerja dan devisa Negara.
     Globalisasi selain memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian, juga memberi dampak negatif, yaitu: Dengan adanya keterbukaan informasi dan teknologi yang tidak terkontrol maka kita akan dibanjiri barang-barang impor dari luar negeri dan membuat daya saing dalam negeri harus ditingkatkan lagi, Dengan adanya kebebasan masuknya investasi dari luar negeri justru akan malah bisa menguasai perekonomian kita, dan dengan adanya persaingan yang bebas makan kelak akan ada pelaku ekonomi yang menang dan kalah.
     Sekian bahasan saya mengenai pengaruh-pengaruh globalisasi bagi perekonomian Indonesia, ada pengaruh positif maupun negatif. Positif atau negatif tergantung dari sudut pandangan kita masing-masing terhadap globalisasi itu sendiri dan tergantung bagaimana cara kita untuk memanfaatkan sebaik mungkin globaliasi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar